English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 09 Juli 2011

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI ECHINODERMATA PADA DAERAH PASANG SURUT DI PANTAI DESA KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Terbit Jurnal Simbiosis ISBN
Abstrak. Penelitian pengembangan bahan ajar sains berdasarkan karakteristik siswa dalam pembelajaran di SMP/MTs bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran sains oleh guru di laboratorium, bahan ajar yang digunakan oleh guru, pengaruh implementasi model bahan ajar berdasarkan karakteristik siswa terhadap peningkatan aktivitas siswa, dan Kontribusinya bagi guru dan untuk mengetahui efektivitas modul dan sistim evaluasi di laboratorium. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan tujuh langkah yang meliputi survey, perencanaan model yang akan dikembangkan, uji coba bahan ajar, pengembangan produk, uji validitas, dan sosialisasi untuk implementasi model bahan ajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua variabel yang diukur, sangat efektif di Ambon, dan Seram Bagian Barat (60%), juga sikap terhadap sains sangat efektif di Seram Bagian Barat (49%). Sedangkan untuk fasilitas yang sangat baik adalah di Maluku tengah, SBB dan Ambon. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar, dan sistim evaluasi dalam pembelajaran sains dapat dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran sains bagi siswa SMP/MTs di Provinsi Maluku.
Kata Kunci: Model Bahan Ajar, dan Karakteristik Siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar