English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 09 Juli 2011

PENILAIAN PORTOFOLIO SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENILAIAN BERBASIS KELAS

Terbit Jurnal Logika ISBN
Abstrak.Reformasi pembelajaran dan penilaian belajar saat ini sedang melanda dunia pendidikan di Indonesia. reformasi pendidikan yang saat ini sedang berjalan adalah munculnya gagasan perubahan paradigma lama, yaitu belajar berbasis pengetahuan (knowledge based learning) menjadi paradigma baru, yaitu belajar berbasis kompetensi (competence based learning). Reformasi sains itu juga diikuti dengan reformasi dalam penilaian belajar. Dalam reformasi tersebut strategi pembelajaran dan penilaian belajar yang berbasis pada teori-teori belajar behavioristik diganti dengan pendekatan pembelajaran dan penilaian baru, yaitu pembelajaran dan penilaian belajar yang bersifat holistik dan konstruktivis. Reformasi pembelajaran di Indonesia dengan kata lain di implementasikan dengan diterapkannya strategi pembelajaran baru, yaitu pembelajaran konstruktivis yang kontekstual (pembelajaran kontekstual), dan penilaian belajar baru, yaitu penilaian bersifat otentik yang juga sering disebut dengan penilaian berbasis kelas.Dalam penerapan penilaian berbasis kelas tidak lagi menggunakan format-format penilaian tradisional (multichoising, matching, true – false dan paper and pencil test), tetapi menggunakan format yang memungkinkan siswa untuk menjelaskan suatu tugas atau mendemonstrasikan suatu performansi dalam memecahkan suatu masalah. Format penilaian itu dapat berupa portofolio.
Kata-kata kunci: Penilaian portofolio, Penilaian berbasis kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar